Jeep Cheeroke - Fluxury Ultimate Black Square 2

5 Jenis Bahan Karpet Mobil

Meskipun letaknya dibawah dan fungsinya hanya sebagai alas untuk diinjak, karpet mobil menjadi salah satu komponen yang penting keberadannya. Selain mempercantik interior mobil, karpet ini juga dapat menghalau kotoran dari alas kaki anda. Memilih karpet mobil juga tidak boleh asal-asalah saja agar anda tidak bolak-balik ke tempat servis karpet mobil. Tentu anda tidak mau bukan sering ke servis karpet mobil karena salah memilih bahan karpet? Nah sebelum membeli perhatikan jenis-jenis bahan pembat karpet dahulu agar dikemudian hari anda tidak harus ke servis karpet mobil.

Macam-macam bahan dasar karpet mobil

  1. Karet asli

Karet asli merupakan bahan pertama yang paling sering digunakan untuk membuat karpet mobil. Selain sangat mudah dibersihkan, kelebihan karpet ini juga terkenal dengan keawetannya karena terbuat dari karet asli sehingga daya tahannya lebih lama. Karpet yang berbahan dasar karet asli umumnya dibanderol dengan harga yang mahal, namun hal ini sebenarnya juga sebanding dengan kualitas yang dimiliki, yakni bagus dan tak tertandingi.

  1. Karet sintesis

Bahan karpet yang kedua adalah berasal dari karet sintesis. Karpet ini banyak diminati oleh konsumen karena mudah dibersihkan dan harganya tergolong sangat terjangkau. Karpet karer sintesis juga tersedia dalam berbagai bentuk, sehingga anda bisa memilih mana yang menjadi selera. Meskipun di awal pembelian bau, tapi lama-kelamaan bau karpet ini akan hilang sehingga nyaman digunakan. Karpet ini juga tidak menyerap bau kaki dan menyebarkannya ke suluruh kabin.

  1. PVC

Selain bahan karet, ada juga karpet mobil yang terbuat dari bahan PVC. Ciri utama dari karpet ini adalah tidak memiliki bau menyengat, sehingga mobil anda tetap segar. Tentu anda tidak mau buka jika mobil anda dipenuhi bau yang tidak sedap? Karpet PVC juga memiliki banyak pilihan desain mulai yang biasa sampai yang keren. Ada juga pilihan yang komposisi PVC nya 100% dan ada yang tidak.

  1. Bahan kain

Dibanding dengan jenis karpet lainnya, karpet kain memiliki harga yang lebih murah. Biasanya karpet kain dibuat dengan menggabungkannya bersama bahan lain, seperti karet sintesis. Karet sebagai alas dan kain sebagai penutup bagian atasnya.

  1. Campuran berbagai bahan

Selain bahan-bahan di atas juga terdapat karpet yang terbuat dari berbagai campuran bahan. Percampuran bahan ini biasanya dilakukan untuk menghemat bahan serta memperkuat daya tahan karpet mobil.