LEXUS-RX-300-2

Cara Merawat Karpet Dasar Mobil Yang Benar!

Bagi para pemilik mobil mempunyai suatu kendala terhadap kebersihan dan kenyamanan selama berkendara, terutama pada bagian karpet mobil. Terlebih lagi ketika berada di musim penghujan, maka pemilik mobil harus benar-benar ekstra merawat kondisi mobil supaya karpet mobil tidak menimbulkan aroma yang tidak sedap.

Pada saat musim hujan, kotoran akan lebih banyak menempel dibandingkan saat musim kemarau. Karpet mobil menjadi komponen yang sangat penting supaya kenyamanan di dalam kabin tetap terjaga dengan baik. Pada dasarnya karpet mobil terbuat dari bahan sintetis, sehingga cara membersihkannya pun cenderung lebih mudah.

Akan tetapi berbeda dengan Anda yang menggunakan karpet tambahan di bagian area kaki atau karpet lantai yang menutupi kabin, maka harus lebih intens dalam membersihkannya. Karpet tambahan tersebut juga berperan sebagai penampung kotoran yang jatuh dari kabin. Baik itu kotoran berupa debu, sampah, serpihan makanan, rotasi penumpang, bahkan sampai rembesan air.

Cara Merawat Karpet Mobil

Pemilik mobil diharapkan untuk lebih intens dalam memperhatikan kebersihan pada karpet mobil. Untuk itu Anda harus melakukan perawatannya. Anda bisa mengandalkan jasa tukang karpet, karena untuk biaya pasang karpet mobil tergolong sangatlah terjangkau. Apabila Anda sedang berhemat dan meminimalisir biaya, maka Anda bisa melakukan perawatan karpet mobil sendiri di rumah.

Berikut ini cara merawat karpet mobil yang dapat menghemat biaya pasang karpet mobil di antaranya:

  1. Persiapkan Peralatan

Ada beberapa peralatan yang harus dipersiapkan, misalnya seperti sikat lembut, hairdryer, sampo, air atau sabun. Sampo dapat dicampurkan dengan air supaya dapat membantu untuk mengangkat kotoran yang terdapat pada karpet mobil.

Masing-masing  dari kotoran yang menempel mempunyai bentuk dan tekstur yang berbeda. Ada kotoran yang sulit dibersihkan, namun ada juga kotoran yang mudah di bersihkan. Kotoran kebanyakan berupa tanah. Jika tanah sudah mengering akibat kurangnya perawatan maka  Anda harus menyikatnya supaya kotoran tanah benar-benar hilang.

  1. Tahap Perawatan

Berbicara mengenai tahap perawatan, langkah harus dilakukan yaitu dengan mengeluarkan karpet dari dalam mobil terlebih dahulu. Saat mengeluarkan berhati-hatilah, terlebih lagi apabila kotoran berupa debu. Setelah membasahi karpet mobil Anda dapat memberikan shampo atau sabun. Kemudian mengikatnya hingga bersih.

Setelah itu barulah Anda membilasnya dan jangan lupa untuk menjemur dibawah sinar matahari supaya karpet mobil dapat kering secara sempurna. Jika karpet mobil tidak kering secara sempurna namun sudah dimasukkan ke dalam mobil maka hal ini dapat menimbulkan aroma tidak sedap.