BNW 320i Fluxuy 2

Memahami Posisi Karpet Mobil Yang Benar

Memasang karpet mobil merupakan hal yang tidak bisa dianggap sepele. Karpet mobil yang dipasang dengan posisi yang salah selain tidak indah dipandang juga dapat mengganggu kenyamanan serta bahkan keselamatan pengemudi dan penumpang. Cara pasang karpet mobil yang salah bisa mengganggu kinerja beberapa bagian mobil seperti rem dan sebagainya yang bisa mengakibatkan kecelakaan serius.

Untuk karpet pelapis mobil sendiri sebenarnya cara pemasangannya cukup mudah namun kadang orang-orang sering menganggapnya sepele sehingga kadang kurang memperhatikan detail. Salah satunya adalah pemasangan karpet berdasarkan tipenya.

Di pasaran, terdapat 2 tipe pemasangan karpet pelapis mobil yaitu dial yang diputar serta hook. Jika karpet mobil yang kalian gunakan memiliki tipe dial yang diputar pastikan jika pengait terkunci sementara jika menggunakan tipe hook maka pastikan lubang karpet masuk ke pengait.

Beberapa kesalahan posisi pemasangan yang sering ditemukan

Cara pasang karpet mobil yang salah sering ditemukan pada pemula yang minim pengalaman serta informasi. Masih banyak yang tidak memperhatikan detail-detail kecil yang mungkin menyebabkan masalah pada saat mengemudikan mobil.

Menurut beberapa sumber, terdapat beberapa posisi karpet mobil yang salah dipasang oleh orang-orang. Berikut beberapa kesalahan yang umum ditemui.

  1. Lubang karpet mobil tidak masuk ke pengait dengan benar sehingga menghalangi pedal saat digunakan.
  2. Posisi karpet salah sehingga arah, bentuk dan ukurannya tidak sesuai dengan bentuk mobil dan tidak muat.
  3. Posisi karpet mobil saling bertumbukan. Hal ini umum terjadi ketika pemilik mobil membeli karpet baru dan menumbuknya walaupun posisi ini cukup berbahaya. Sebaiknya kalian tidak memasang lebih dari 1 karpet pelapis mobil.
  4. Walaupun cukup jarang terdapat beberapa orang yang memasang karpet terbalik walaupun hal ini cukup berbahaya karena permukaan karpet pelapis cukup licin dan berbahaya khususnya pada musim hujan.
  5. Karpet menutup pedal. Hal ini umum terjadi jika karpet tidak cukup lengket dengan karpet dasar sehingga posisinya gampang berubah.
  6. Karpet mengganjal pedal. Posisi ini cukup rawan karena jelas akan mempengaruhi kinerja pengereman dan kecepatan kendaraan.

Keenam posisi tersebut merupakan kesalahan pemasangan karpet pelapis mobil yang paling umum ditemui. Walaupun terlihat sepele, kesalahan seperti diatas dapat menyebabkan kecelakaan serius yang sangat berbahaya. Oleh sebab itu, sebaiknya periksa kondisi karpet serta cara pasang karpet mobil yang benar ketika akan memasangnya kembali kedalam mobil agar menghindari salah posisi.