Sangat Mudah, Berikut Cara Membersihkan Karpet Mobil Alphard

lampu drl mobil

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan untuk menambah kenyamanan saat berkendara adalah karpet mobil alphard yang bersih. Terlebih lagi saat musim hujan dimana mobil anda akan sering terguyur hujan sehingga menyebabkan kondisi mobil yang cepat kotor baik interior maupun eksteriornya. Meskipun karpet mobil berada di tempat yang tersembunyi yakni dibawah jok mobil, namun jika rotasi penumpang lebih sering maka noda yang tertinggal di karpet juga semakin banyak. Oleh karena itu membersihkan karpet dengan rutin harus dilakukan agar mobil tetap terasa nyaman. Berikut cara mudah membersihkan karpet mobil alphard.

  1. Keluarkan karpet

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengeluarkan karpet yang tercampur noda dari dalam mobil. Jangan pernah anda mencoba membersihkan karpet sementara karpet belum dikeluarkan dari mobil. Hal tersebut malah akan membuat noda pada karpet menyebar pada bagian mobil yang bersih.

  1. Basahi karpet

Selanjutnya guyurlah karpet dengan air secara merata. Anda bisa menggunakan intensitas air yang tinggi untuk membasahinya agar noda-noda keras yang menempel pada karpet bisa hilang.

  1. Gunakan shampo atau deterjen untuk mengolesinya

Kemudian olesi karpet menggunakan shampo atau deterjen secukupnya dengan merata pada semua bagian karpet. Untuk noda keras yang sulit dihilangkan anda bisa mengolesinya dengan lebih banyak sabun. Semakin banyak noda maka semakin banyak sabun yang digunakan.

  1. Gunakan sikat yang menyerupai kuas

Untuk noda yang mudah dihilangkan gunakanlah sikat yang menyerupai kuas, namun untuk noda yang keras anda bisa menggunakan sikat yang kuasnya tebal. Sikat dengan sekuat tenaga pada bagian karpet yang nodanya membandel agar mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Siram lagi dengan air secara merata

Jika noda yang menempel pada karpet sudah disikat dan hilang maka selanjutnya bilas karpet dengan air secara merata baik sisi atas maupun bawah. Pastikan noda dan juga sisa-sisa sabun ikut hilang bersama siraman air.

  1. Jemur karpet

Pada tahap penjemuran usahakan karpet tidak terkena sinar matahari langsung. Hal ini sangat berguna untuk menjaga warna dasar karpet agar tidak berubah. Anda bisa mengeringkannya di tempat yang berangin.

  1. Lakukan secara berkala

Cara yang terakhir adalah dengan membersihkan karpet secara berkala. Agar karpet mobil anda selalu terjaga setidaknya lakukan pembersihan minimal satu bulan sekali.