HYUNDAI H-1 (2)

Tips Memilih Karpet Mobil Awet Dari Segi Bahan

Karpet mobil memang sudah menjadi salah satu komponan yang penting untuk kelengkapan interior mobil. Walaupun hanya sekedar alas pijakan dalam mobil. Karpet ini memiliki banyak fungsi, seperti untuk memperindah bagian interior mobil. Hingga sebagai penghalau debu maupun kotoran yang bisa mengganggu kenyamanan saat berkendara.

Setiap kotoran yang terbawa masuk oleh alas kaki, tidak akan bisa secara langsung menyentuh bagian badan mobil. Namun akan terhalau oleh karpet, sehingga dapat mencegah setiap kotoran untuk menyebar luas ke bagian interior mobil. Jika dinilai dari tingkat keawetan, karpet mobil bisa dilihat dari bahan pembuatannya.

Lantas apa saja bahan-bahan yang memiliki tingkat keawetan paling tinggi, untuk pembuatan karet mobil. Berikut informasi lengkapnya mengenai beberapa bahan karpet mobil awet dan tahan lama!

Beberapa Janis Bahan Karpet Mobil Awet Dan Tahan Lama

  1. Bahan Karet Asli

Karet asli merupakan salah satu bahan yang sering kali digunakan untuk pembuatan karpet mobil. Bahan ini memiliki tingkat keawetan tertinggi, karena struktur bahannya yang keras dan tidak memiliki pori-pori. Untuk harga jualnya memeng terbilang mahal, karena kualitas bahan yang bagus dan tidak tertandingi. Jadi sangatlah wajar jika memiliki harga paling tinggi.

  1. Bahan Karet Sintetis

Selain bahan karet asli, pembuatan karpet mobil juga tersedia dengan bahan olahan karet sintetis. Karpet jenis ini juga banyak diminati karena proses perawatannya yang mudah dan memiliki harga yang lebih murah. Bahan karet sintetis juga nyaman saat digunakan karena tidak berbau. Fungsi lain dari katrpet ini adalah dapat menyerap bau kaki. Sehingga baunya tidak akan tersebar luas ke seluruh bagian interior mobil.

  1. Bahan PVC

Ada pula karpet mobil yang dibuat dengan menggunakan bahan PVC. Bahan ini memiliki keunggulan pada bau yang tidak menyengat. Sehingga keadaan dalam interior mobil tetap nyaman dan tetap segar seperti pada umumnya. Penggunaan bahan PVC memang beraneka ragam. Ada yang sengaja dibuat dengan Full bahan PVC. Namun ada juga yang tidak, atau menggunakan bahan campuran lain untuk produksinya.

  1. Bahan Kain

Selain bahan karet asli, sintetis, dan PVC, karpet mobil juga ada yang diproduksi menggunakan bahan kain. Dari segi harga memang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan 3 bahan di atas. Namun bahan jenis kain juga tergolong awet karena menggunakan perpaduan bahan dengan karet sintetis.

Itulah beberapa jenis bahan karpet mobil awet yang bisa dilihat dari bahan pembuatannya. Keempat bahan tersebut adalah bahan-bahan yang sering digunakan untuk alas badan mobil. Karena memiliki tingkat keawetan diatas standard.